top of page
  • Writer's pictureSihol Christian Robirosa

🅺🅴🆂🅴🅻🅰🅼🅰🆃🅰🅽 #05 – Garis Besar Pembahasan Keselamatan & Hasil Yg Diharapkan.

Rekan-rekan Grup yang sangat dikasihi Tuhan,


Agar rekan-rekan dapat mengikuti aliran pembahasan tentang Keselamatan ini dengan baik, ada baiknya disini saya paparkan secara singkat bagaimana aliran pembahasan tentang Keselamatan ini dan hasil apa yang diharapkan saat rekan-rekan dengan setia & runut mengikuti pembahasannya.


Kita tidak membahas tentang Keselamatan ini seperti umumnya yang diajarkan di sekolah-sekolah Alkitab (yang sering diistilahkan dengan secara Sistematik), tetapi dengan mempelajari Alkitab secara runut dengan benang merah rencana penyelamatan Allah (yang sering diistilahkan dengan secara Biblika). Dengan demikian tidak ada berdebatan yang timbul dari comot-comot ayatdan lepas dari konteksnya yang sering merusak bangunan utama konsep Keselamatan Alkitab.


Jika dimengerti dengan baik, diharapkan Pembaca dapat mengerti Jalan Keselamatan yang dinyatakan di dalam Alkitab dan diharapkan Pembaca dapat merespons Jalan Keselamatan itu melalui iman pribadi, sehingga Keselamatan itu menjadi “pengalaman riil” dari Pembaca dan bukan sekedar pengetahuan saja. Jadi tujuan dari seri Keselamatan ini adalah agar Anda dapat mengerti secara utuh, holistik dan tegas tanpa multi tafsir tentang Jalan Keselamatan yang diajarkan Alkitab. Dengan demikian Anda dapat merespon Jalan Keselamatan itu dan mengalaminya secara pribadi.


Overview Jalan Keselamatan yang dinyatakan oleh Alkitab





Alkitab berisi sejarah keberadaan manusia di dunia ini, sampai kepada nasib kekalnya di kebakaan.


Sama seperti buku-buku lainnya yang terdiri dari Pendahuluan, Isi & Kesimpulan, maka Alkitab dapat dibagi menjadi 3 bagian sejarah manusia:


Bagian 1 (Pendahuluan):

· Sejarah eksistensi dunia materi & Manusia di Bumi. Pendahuluan ini ada di 2 Pasal pertama di Alkitab, yaitu Kejadian pasal 1 & 2.


Bagian 2 (Isi):

· Sejarah kejatuhan Manusia ke dalam dosa dan sejarah penyelamatan Allah. Ini merupakan bagian terpanjang di dalam Alkitab yang merentang dari saat kejatuhan Manusia pertama ke dalam Dosa (Kejadian pasal 3) sampai berakhirnya sejarah Manusia di bumi (Wahyu pasal 20)


Bagian 3 (Kesimpulan):

· Nubuatan tentang masa kekekalan bagi Manusia setelah selesainya sejarah Manusia dan Bumi yang ditinggalinya. Kesimpulan ini sering diistilahkan dengan kata “Konsumasi” yang berarti “the ultimate end” (akhir dari akhir).

· Nasib kekal Manusia, terutama mereka yang mendapat & menghidupi anugerah Keselamatan saat kehidupannya dinyatakan dalam 2 pasal terakhir Alkitab, yaitu Kitab Wahyu pasal 21 & 22.


Jika melihat pembagian ini, maka kita kagum sekaligus bersukacita karena Allah telah menyatakan nasib kekal kita dengan jelas sehingga kita tidak perlu ragu mengikuti Cara penyelamatan Allah ini. Kemana tujuan kekal kita (Kesimpulan nasib kita) tergantung respon kita terhadap Jalan Keselamatan Allah yang dinyatakan di dalam Isi dari Kitab Suci ini.


Kita akan mulai membahas Keselamatan ini pada blog berikutnya dari Penciptaan Manusia di blog berikutnya. Kita akan bahas tentang tujuan penciptaan manusia, hakikat manusia pertama, Taman yang di Eden, makna narasi penempatan kedua pohon ditengah taman, dsb.


Ikuti terus blognya di Group kita ini.


Salam Kristen Awam


FB page: @KristenAwamPencariSorga


Youtube Channel: Kristen Awam


Website:


Buku-buku tulisan Kristen Awam dan terbitan BTBP dapat anda unduh di:

33 views0 comments

Comments


bottom of page