top of page
  • Writer's pictureSihol Christian Robirosa

🅺🅴🆂🅴🅻🅰🅼🅰🆃🅰🅽 #01- Apakah itu Keselamatan? Diselamatkan dari APa?

Updated: Aug 30, 2022

𝑨𝒑𝒂𝒌𝒂𝒉 𝒊𝒕𝒖 𝑲𝒆𝒔𝒆𝒍𝒂𝒎𝒂𝒕𝒂𝒏? 𝑫𝒊𝒔𝒆𝒍𝒂𝒎𝒂𝒕𝒌𝒂𝒏 𝒅𝒂𝒓𝒊 𝒂𝒑𝒂?


Kata “Keselamatan, diselamatkan, selamat” sering kita dengar di dalam kekristenan. Di dalam Perjanjian Baru saja, kata-kata ini ada ditemukan sebanyak 144 kali di dalam 100 ayat. Kata ini diterjemahkan dari kata kerja “sozo” yang artinya luas, mencakup “menyelamatkan/meluputkan dari bahaya, penyakit atau maut.” (Strong/Thayer).

Mari kita lihat apa arti kata ini didalam konteksnya:


Rom. 5:9b “...kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah. “ Mat. 1:21b “...karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka." Rom. 6:23 “...Sebab upah dosa ialah maut.”


Dari ayat-ayat di atas kita dapat simpulkan bahwa manusia perlu diselamatkan dari murka Allah, yaitu maut (perpisahan kekal dari hadirat Allah) karena semua manusia telah jatuh ke dalam dosa. Karena dosa sekecil apapun tidak akan tahan dihadapan hadirat Allah yang Kudus, maka jika manusia tidak disucikan dari dosa-dosanya, ia harus dibuang dari hadirat Allah. Inilah yang disebut Neraka (2Tes. 1:9)


Jadi siapa saja yang perlu diselamatkan dari murka Allah?


Semua orang, termasuk Anda dan Saya! Karena semua orang sudah berdosa (Rom. 3:23) dan menjadi “hamba dosa” (Yoh. 8:34)


Rom 3:23 “Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, “

Yoh. 8:34 “Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang berbuat dosa, adalah hamba dosa. “


Penyelamatan Allah terhadap dosa dan murka-Nya, tidak cukup hanya bersifat legal saja yaitu pengampunan terhadap dosa-dosa kita, tetapi juga bersifat vital (pengalaman), yaitu dibebaskannya orang percaya dari ikatan-ikatan dosa seperti dari keterikatan kepada kuasa kegelapan, sifat pembenci, iri, dsb.


Kita akan lanjutkan lebih jauh lagi dalam sesi #02. Sementara itu, ikuti video di link bawah ini untuk mendapatkan topik-topik apa saja yang diharapkan dapat dibahas dalam seri keselamatan ini dari Youtube Kristen Awam.


Pengantar Seri Keselamatan:

Ikuti terus blognya.


Salam Kristen Awam


FB page: @KristenAwamPencariSorga


Youtube Channel: Kristen Awam


Website:


Buku-buku tulisan Kristen Awam dan terbitan BTBP dapat anda unduh di:


Kristen Awam dan BTBP telah menerbitkan buku-buku yang berbobot agar rekan-rekan Kristen Awam dapat mengerti prinsip-prinsip dasar Kristen yang paling penting.

Khusus untuk Keselamatan, berikut adalah buku terpenting dan terlengkap yang dapat anda miliki. Klik gambar untuk mendownload buku:





38 views0 comments

Comentarios


bottom of page