top of page
  • Writer's pictureSihol Christian Robirosa

๐Ÿ…บ๐Ÿ…ด๐Ÿ†‚๐Ÿ…ด๐Ÿ…ป๐Ÿ…ฐ๐Ÿ…ผ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†ƒ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ…ฝ #03 - K-E-K-E-K-A-L-A-N. ๐‘จ๐’‘๐’‚ ๐’Š๐’•๐’– ๐‘ฒ๐’†๐’Œ๐’†๐’Œ๐’‚๐’๐’‚๐’?

Updated: Aug 30, 2022


Kita sering mendengar kata ini. Kata ini sering diasosiasikan dengan masa diluar kehidupan yang fana (terbatas). Kata ini juga selalu dihubungkan dengan nasib kita setelah kematian kita. Tetapi tidak sering kita merenungkan arti dan makna dibalik kata itu.


Jadi, apakah itu Kekekalan, dan apakah makna kata itu?


Kata itu memiliki 2 dimensi: ๐Š๐ฎ๐š๐ง๐ญ๐ข๐ญ๐š๐ฌ dan ๐Š๐ฎ๐š๐ฅ๐ข๐ญ๐š๐ฌ.


Secara ๐Š๐ฎ๐š๐ง๐ญ๐ข๐ญ๐š๐ฌ, kata itu berarti ๐’–๐’“๐’–๐’•-๐’–๐’“๐’–๐’•๐’‚๐’ ๐’˜๐’‚๐’Œ๐’•๐’– ๐’š๐’‚๐’๐’ˆ ๐‘ป๐‘ฐ๐‘ซ๐‘จ๐‘ฒ ๐‘ป๐‘ฌ๐‘น๐‘ฏ๐‘ฐ๐‘ต๐‘ฎ๐‘ฎ๐‘จ. Artinya tidak ada berhentinya. Selama-lamanya. Tidak ada akhirnya. Akan selalu demikian.

Tetapi definisi yang banyak itu tetap merupakan sesuatu yang abstrak sehingga tetap luput dari perenungan kita. Karena itu mari kita buat simulasi apakah arti selama-lamanya itu:


Simulasi 1:


Coba lihat kepada gambar Virgo Supercluster terlampir. Karena dapat dilihat dengan teleskop yang besar, seolah-olah jarak dari satu titik di Cluster itu ke Cluster lainnya hanya beberapa ribu kilometer saja. Mari kita lihat salah satu contoh jarak diantara cluster-cluster di dalamnya:


  • Planet bumi berada di tatasurya yang terdiri dari 9 planet dengan 1 matahari.

  • Tata Surya kita berada di Galaxy Milky Way (Bima Sakti) dengan jumlah Bintang/Matahari sebanyak 200-400 milyard buah dan tidak terhitung planet-planetnya.

  • Bersama Galaxy lain (spt. Andromeda), Bima Sakti berada disebuah Local Group/Cluster, yang bersama Local Group lain seperti Ursa Mayor Group, Virgo Group dll., membentuk Virgo Super Cluster. Didalamnya ada trilyunan matahari/bintang.


Bayangkan betapa besarnya suatu Super Cluster seperti Virgo Super Cluster itu.

Nah sekarang lihat Gambar ke 2, untuk mengilustrasikan jarak antara Local Group (di tengah Cluster) ke Ursa Mayor Group. Dengan mengendarai pesawat penumpang jet wide body yang berkecepatan 900 km/jam, Anda akan sampai dari Local Group ini ke Ursa Mayor Group selama 74 ๐‘ด๐‘ฐ๐‘ณ๐’€๐‘จ๐‘น๐‘ซ ๐‘ป๐‘จ๐‘ฏ๐‘ผ๐‘ต.


Bayangkan betapa lamanya itu! Tetapi itupun belum dapat dibandingkan dengan KEKEKALAN. Anda sudah mulai merasakan apa arti Kekekalan itu?


Simulasi 2:


Jika simulasi pertama masih Anda rasakan abstrak, mari coba yang gampang ini: Cobalah Anda tidak memegang handphone Anda selama 3 jam saja dan Anda tidak melakukan apapun kecuali merenung (tapi jangan tidur!). Waktu terasa seakan lambat berjalan, benar? Nah, apalagi di kekekalan Neraka...


Kekekalan juga memiliki ๐—ฑ๐—ถ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐˜€๐—ถ ๐—ž๐˜‚๐—ฎ๐—น๐—ถ๐˜๐—ฎ๐˜€.


โ€ข ๐ท๐‘– ๐‘˜๐‘’๐‘˜๐‘’๐‘˜๐‘Ž๐‘™๐‘Ž๐‘›, ๐‘ค๐‘Ž๐‘˜๐‘ก๐‘ข ๐‘ก๐‘–๐‘‘๐‘Ž๐‘˜ ๐‘๐‘’๐‘Ÿ๐‘—๐‘Ž๐‘™๐‘Ž๐‘› ๐‘๐‘’๐‘”๐‘–๐‘ก๐‘ข ๐‘ ๐‘Ž๐‘—๐‘Ž. ๐ด๐‘‘๐‘Ž ๐‘ฆ๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐‘š๐‘’๐‘›๐‘”๐‘–๐‘ ๐‘– ๐‘ค๐‘Ž๐‘˜๐‘ก๐‘ข ๐‘–๐‘ก๐‘ข, ๐‘ก๐‘’๐‘Ÿ๐‘”๐‘Ž๐‘›๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” ๐‘‘๐‘–๐‘š๐‘Ž๐‘›๐‘Ž ๐‘˜๐‘–๐‘ก๐‘Ž ๐‘๐‘’๐‘Ÿ๐‘Ž๐‘‘๐‘Ž ๐‘‘๐‘– ๐‘˜๐‘’๐‘˜๐‘’๐‘˜๐‘Ž๐‘™๐‘Ž๐‘› ๐‘–๐‘ก๐‘ข:


๐—๐—ถ๐—ธ๐—ฎ ๐—ธ๐—ถ๐˜๐—ฎ ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ ๐—ฑ๐—ถ ๐—ต๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ๐—ฟ๐—ฎ๐˜ ๐—”๐—น๐—น๐—ฎ๐—ต & ๐—ž๐—ฟ๐—ถ๐˜€๐˜๐˜‚๐˜€ (=๐—ฆ๐—ผ๐—ฟ๐—ด๐—ฎ), maka setiap saat kita akan kagum akan display kebesaran dan kasih Allah yang telah menyelamatkan kita. Tidak ada kata bosan disana, karena setiap saat kita akan diperlihatkan betapa besar Allah kita. Lebih dari itu, penyembahan & pujian akan meledak dari jiwa kita karena mengingat bahwa Allah yang kita lihat itu (yang direpresentasikan sebagai โ€œAnak Dombaโ€) adalah Allah yang mengasihi berkorban, bukan hanya Allah yang Maha Kuasa. Karena itu ๐’ƒ๐’‚๐’‰๐’‚๐’”๐’‚ ๐’…๐’Š ๐‘บ๐’๐’“๐’ˆ๐’‚ ๐’‚๐’…๐’‚๐’๐’‚๐’‰ ๐‘ท๐’–๐’‹๐’Š๐’‚๐’ & ๐‘ท๐’†๐’๐’š๐’†๐’Ž๐’ƒ๐’‚๐’‰๐’‚๐’ (baca seluruh Kitab Wahyu agar mengerti suasana disana).


Sebaliknya, ๐—ท๐—ถ๐—ธ๐—ฎ ๐—ธ๐—ถ๐˜๐—ฎ ๐—ฑ๐—ถ๐—ท๐—ฎ๐˜‚๐—ต๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ ๐—ต๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ๐—ฟ๐—ฎ๐˜ ๐—”๐—น๐—น๐—ฎ๐—ต (=๐—ก๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ, ๐Ÿฎ๐—ง๐—ฒ๐˜€ ๐Ÿญ:๐Ÿต), maka kita akan menderita karena ketiadaan hadirat Allah. Yang ada adalah kebalikan dari suasana dihadirat Allah. Jika dihadirat Allah ada Kasih, maka di Sorga yang ada hanya kebencian. Jika di hadirat Allah ada Sukacita, maka jauh dari hadiratnya adalah Kesedihan, dst. (lihat Buah Roh sebagai manifestasi dari kehadiran Allah dalam Galatia 5:22-23. Keadaan di Neraka adalah kebalikan dari semua ini). Karena itu ๐™—๐™–๐™๐™–๐™จ๐™– ๐™‰๐™š๐™ง๐™–๐™ ๐™– ๐™–๐™™๐™–๐™ก๐™–๐™ ๐™๐™–๐™ฃ๐™œ๐™ž๐™จ & ๐™†๐™š๐™ง๐™ฉ๐™–๐™  ๐™‚๐™ž๐™œ๐™ž (Mis. Mat. 25:30)


โ€ข ๐˜‹๐˜ช ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ซ๐˜ถ๐˜จ๐˜ข ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ด๐˜ช๐˜ฃ ๐˜ˆ๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ข ๐˜ต๐˜ช๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฑ๐˜ข๐˜ต ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ถ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฉ. ๐˜ˆ๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ข ๐˜ต๐˜ช๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฃ๐˜ช๐˜ด๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ฆ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ณ๐˜ช ๐˜•๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ฌ๐˜ฆ ๐˜š๐˜ฐ๐˜ณ๐˜จ๐˜ข ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ถ ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข (๐˜“๐˜ถ๐˜ฌ. 16:26)


Artinya nasib Anda sudah fix setelah kematian. Apakah Anda ke Neraka atau ke Sorga ditentukan saat Anda hidup. Jika Anda telah mengalami Keselamatan disini, maka Anda akan ke Sorga. Jika Anda lalai untuk memastikannya selama hidup, maka tidak ada cara untuk mereset ke belakang. Setelah kematian, yg ada adalah penghakiman (Ibr. 9:27): ke Sorga atau Neraka.


Semoga bahasan di atas cukuplah untuk membangunkan kita agar terus mencari jawaban terhadap pertanyaan ini: Siapkah saya menghadapi kekekalan?


Salam Kristen Awam


FB page: @KristenAwamPencariSorga


Youtube Channel: Kristen Awam


Website:


Buku-buku tulisan Kristen Awam dan terbitan BTBP dapat anda unduh di:

21 views0 comments

Comments


bottom of page