top of page
  • Writer's pictureSihol Christian Robirosa

๐Ÿ…บ๐Ÿ…ด๐Ÿ†‚๐Ÿ…ด๐Ÿ…ป๐Ÿ…ฐ๐Ÿ…ผ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ†ƒ๐Ÿ…ฐ๐Ÿ…ฝ #04 - Dua Jenis Orang Kristen di dalam Gereja

Updated: Aug 30, 2022

Sebelum melanjutkan kepada inti pembahasan tentang Keselamatan, ada baiknya kita mendiskusikan tentang topik di atas karena topik ini sangat-sangat-super penting. Mengapa? Karena banyak orang Kristen tidak mengerti hal ini dan menganggap sepele peringatan-peringatan Tuhan yang diajarkan-Nya berulang kali: ๐‘€๐‘’๐‘›๐‘—๐‘Ž๐‘‘๐‘– ๐‘ ๐‘’๐‘œ๐‘Ÿ๐‘Ž๐‘›๐‘” ๐พ๐‘Ÿ๐‘–๐‘ ๐‘ก๐‘’๐‘› ๐‘ก๐‘–๐‘‘๐‘Ž๐‘˜ ๐‘œ๐‘ก๐‘œ๐‘š๐‘Ž๐‘ก๐‘–๐‘  ๐‘š๐‘’๐‘š๐‘๐‘ข๐‘Ž๐‘ก๐‘›๐‘ฆ๐‘Ž ๐‘š๐‘’๐‘š๐‘๐‘’๐‘Ÿ๐‘œ๐‘™๐‘’โ„Ž ๐พ๐‘’๐‘ ๐‘’๐‘™๐‘Ž๐‘š๐‘Ž๐‘ก๐‘Ž๐‘›.


Banyak orang Kristen menjadi Kristen karena dilahirkan di dalam keluarga Kristen, atau karena menikah dengan seorang Kristen, tetapi tidak pernah memiliki iman sejati yang dikaruniakan oleh Allah. Karena itu banyak orang Kristen yang masih percaya kepada perdukunan, membenci/dendam kepada orang lain yang tidak dapat dipadamkan, pembunuh, koruptor, dsb. (mis. Titus 3:3, 1Yoh. 3:15, dst)


Tuhan pernah mengingatkan bahwa โ€œ๐˜ญ๐˜ฆ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ณ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฑ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ต๐˜ถ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ญ๐˜ถ๐˜ข๐˜ด๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ซ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ถ๐˜ซ๐˜ถ ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฃ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ข๐˜ด๐˜ข๐˜ข๐˜ฏ, ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฃอŸ๐˜ขอŸ๐˜ฏอŸ๐˜บอŸ๐˜ขอŸ๐˜ฌอŸ อŸ๐˜ฐอŸ๐˜ณอŸ๐˜ขอŸ๐˜ฏอŸ๐˜จอŸ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ถ๐˜ฌ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ข๐˜ญ๐˜ถ๐˜ช๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข; ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ข ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ด๐˜ข๐˜ฌ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฑ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ต๐˜ถ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ฑ๐˜ช๐˜ต๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ซ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ถ๐˜ซ๐˜ถ ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฉ๐˜ช๐˜ฅ๐˜ถ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฏ, ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ช๐˜ต ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฑ๐˜ข๐˜ต๐˜ช๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข." (Mat. 7:13-14). Artinya mayoritas akan terhilang.


Rasul Paulus memakai pelajaran Israel untuk mengajarkan bahwa sekalipun Israel disebut senagai โ€œUmat Allahโ€ namun yang diselamatkan hanya โ€œsisa Israel saja.โ€ Beliau berkata โ€œ๐˜œ๐˜ฏ๐˜ต๐˜ถ๐˜ฌ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ซ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ต ๐˜”๐˜ถ๐˜ด๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ข ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฑ๐˜ต๐˜ช๐˜ด ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ ๐˜ข๐˜ธ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ ๐˜ญ๐˜ข๐˜ถ๐˜ต. ๐˜”๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ช ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ด๐˜ข๐˜ฎ๐˜ข ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ถ๐˜ฎ ๐˜ฎ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ถ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ช ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ด๐˜ข๐˜ฎ๐˜ข, ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฃ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ถ๐˜ฎ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ณ๐˜ช ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ต๐˜ถ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ช ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ต๐˜ช ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข, ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ต๐˜ถ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ช๐˜ต๐˜ถ ๐˜ช๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜’๐˜ณ๐˜ช๐˜ด๐˜ต๐˜ถ๐˜ด. ๐˜›๐˜ฆ๐˜ต๐˜ข๐˜ฑ๐˜ช ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฏ๐˜จ๐˜จ๐˜ถ๐˜ฉ๐˜ฑ๐˜ถ๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ˆ๐˜ญ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ต๐˜ช๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข ๐˜ฃอŸ๐˜ขอŸ๐˜จอŸ๐˜ชอŸ๐˜ขอŸ๐˜ฏอŸ อŸ๐˜บอŸ๐˜ขอŸ๐˜ฏอŸ๐˜จอŸ อŸ๐˜ตอŸ๐˜ฆอŸ๐˜ณอŸ๐˜ฃอŸ๐˜ฆอŸ๐˜ดอŸ๐˜ขอŸ๐˜ณอŸ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ณ๐˜ช ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข, ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ต๐˜ฆ๐˜ธ๐˜ข๐˜ด๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜จ๐˜ถ๐˜ณ๐˜ถ๐˜ฏโ€ (1Kor. 10:2-5). Artinya mayoritas akan terhilang.


Tuhan juga telah memperingatkan melalui perumpamaan-perumpaan-Nya tentang 2 jenis orang Kristen di dalam Gereja (yaitu โ€œKerajaan Sorga di duniaโ€ โ€“ Mat. 13:38). Kita cukup mencuplik 2 perumpamaan-Nya saja disini:


โ€ข ๐—ฃ๐—ฒ๐—ฟ๐˜‚๐—บ๐—ฝ๐—ฎ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ป ๐—Ÿ๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ฑ๐—ถ ๐—ธ๐—ฒ๐—ฏ๐˜‚๐—ป ๐—š๐—ฎ๐—ป๐—ฑ๐˜‚๐—บ (Mat. 13:24-30; 36-43).


Lalang (Yun โ€œzizanionโ€, suatu tumbuhan khas Palestina yg mirip pohon Gandum yang akarnya sangat banyak sehingga menyerap semua air disekitarnya) adalah Orang (โ€œsemua orang yang melakukan kejahatan dari dalam Kerajaan-Nyaโ€) & Ajarannya (โ€œsegala sesuatu yang menyesatkanโ€) โ€“ Mat. 13:41. Mereka tumbuh secara tidak kelihatan, dan hanya ketahuan saat panen saja (โ€œPenghakiman Akhirโ€). Ini paralel dengan peringatan Tuhan dalam Mat. 7:21-23 yang menyatakan bahwa karunia-karunia rohani yang hebat seperti bernubuat, membuat mujizat & mengusir Setan (seperti yang banyak kita temui sekarang), BUKAN BUKTI bahwa mereka adalah Kristen sejati. Ternyata mereka adalah musuh Allah yang menipu Umat-Nya.


โ€ข ๐—ฃ๐—ฒ๐—ฟ๐˜‚๐—บ๐—ฝ๐—ฎ๐—บ๐—ฎ๐—ฎ๐—ป ๐˜๐—ฒ๐—ป๐˜๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐Ÿฑ ๐—š๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ๐˜€ ๐—•๐—ถ๐—ท๐—ฎ๐—ธ๐˜€๐—ฎ๐—ป๐—ฎ & ๐Ÿฑ ๐—š๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ๐˜€ ๐—•๐—ผ๐—ฑ๐—ผ๐—ต (Mat.25:1-13).




Gadis-gadis yang bodoh tidak ada bedanya saat sama-sama menantikan Pengantin Pria. Mereka sama-sama berdandan, sama-sama menunggu dan sama-sama tertidur. Yang membedakannya adalah bahwa 5 Gadis yang bijaksana อŸtอŸaอŸhอŸuอŸ อŸmอŸeอŸmอŸpอŸeอŸrอŸsอŸiอŸaอŸpอŸkอŸaอŸnอŸ อŸdอŸiอŸrอŸiอŸnอŸyอŸaอŸ , tetapi yang bodoh tidak tahu mempersiapkan diri. Mungkin karena ๐—บ๐—ฎ๐˜€๐—ฎ ๐—ฏ๐—ผ๐—ฑ๐—ผ๐—ต ๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐˜‚ ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—น๐—ฎ๐—น๐˜‚ ๐—ฝ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฐ๐—ฎ๐˜†๐—ฎ ๐—ฑ๐—ถ๐—ฟ๐—ถ. Apapun alasannya, kelimanya tetap ditolak.


Nah, jangan sampai kita melalukan keduanya (masa bodoh atau percaya diri) supaya tidak menyesal nantinya.


Ikuti blog-blog selanjutnya di FB Page Kristen Awam dan disini.


Salam Kristen Awam


FB page: @KristenAwamPencariSorga


Youtube Channel: Kristen Awam


Website:


Buku-buku tulisan Kristen Awam dan terbitan BTBP dapat anda unduh di:

19 views0 comments

Comments


bottom of page