top of page
  • Writer's pictureSihol Christian Robirosa

SEMINAR AKHIR ZAMAN

Updated: Jan 8




Rekan-rekan pelayanan BTBM/Kristen Awam,


Melihat fenomena banyaknya pengajaran yang simpang siur terhadap topik Akhir Zaman yang telah mengakibatkan banyaknya kebingungan ummat Tuhan di Gereja-gereja kita, kami merasa terpanggil untuk dapat memberi kontribusi terhadap topik ini agar jemaat Tuhan dapat lebih mengerti tentang topik yang banyak menimbulkan tanda tanya ini.


Bahkan media-media utama di Amerika, seperti CNN pernah menuliskan bahwa fenomena "Rapture Ready" telah banyak menimbulkan trauma kepada banyak orang yang disebut "Rapture Anxiety", yaitu kekuatiran bahwa mereka akan ditinggalkan dalam peristiwa Rapture (Pengangkatan) dan ikut menderita dibawah siksaan sang Antikristus. Fenomena ini disebut juga "religious trauma." Bahkan penelitian dari Global Center for Religious Research telah menemukan bahwa penyakit ini telah menjadi suatu penyakit kronis yang dapat menyebabkan kegelisahan, depresi, paranoia dan tingkah laku OCD lainnya (https://edition.cnn.com/2022/09/27/us/rapture-anxiety-evangelical-exvangelical-christianity-cec/index.html).


Apalagi dengan munculnya buku seri "Left Behind" yang terkenal dan juga telah difilmkan pada tahun 2000, telah menimbulkan ketidakpercayaan kepada anak-anak dari kalangan Kristen Evangelicals (Injili) yang telah tumbuh dewasa dengan trauma masa kecilnya. Bahkan Survey dari Pew Reseach Survey menyebut bahwa warga Kristen di tahun 2022 telah turun menjadi hanya 64% dan diprediksi akan turun terus sehingga pada tahun 2070 mayoritas penduduk Amerika adalah mereka yang memilih untuk tidak memiliki agama.


Sebenarnya Topik Seminar di atas adalah merupakan hasil riset M.Th kami di tahun 2021, namun karena isinya yang cukup sensitif dalam konteks keragaman beragama di Indonesia, maka kami baru memiliki keberanian untuk menyebarkannya dikalangan terbatas, yaitu kalangan Gereja & Kristen saja. Alasannya, agar jemaat dapat dibekali dengan pengetahuan yang memadai untuk menyikapi pandangan-pandangan yang ada tentang Akhir Zaman ini.


AJAKAN UNTUK BEKERJASAMA


Agar Seminar ini dapat dinikmati oleh lebih luas kalangan Kristen, kami mengajak berbagai kalangan Kristen untuk bekerjasama melaksanakan Seminar ini.

Kami akan menyediakan brosur-brosurnya (seperti contoh di atas) dan mencantumkan lembaga (Gereja/Pelayanan/Pribadi, dsb) bersama kontaknya di sudut kanan bawah brosur di atas.


Dibawah ini juga kami sediakan versi lengkapnya (pdf) yang dapat disharekan kepada rekan-rekan pelayanan lainnya, termasuk didalamnya Profil kami sebagai Pembicaranya.


Jika ada yang berminat untuk bekerjasama dalam melakukan Seminar ini, silahkan langsung hubungi kami di WhatsApp no: 0896-2018-6725


Semoga Bermanfaat.


Salam Kristen Awam.







177 views0 comments

Commentaires


bottom of page